RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
2.1)
Sekolah : SMK N I Slawi
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Smt : XI /
Genap
Alokasi
Waktu : 3
X 4 pertemuan (12 JP))
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan.
4.2 Membaca
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalanQ.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.2 Mampu menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan.
4.2 Mampu membaca
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mampu mendemonstrasikan hafalanQ.S. Yunus (10)
: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan
kegiatan pembelajaran siswa dapat
1. Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan.
2. Membaca
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul huruf.
3. Mendemonstrasikan
hafalanQ.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
E. Materi Ajar
Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang Toleransi , Kerukunan dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan.
( Materi bahan Ajar Terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
Kooperatif, diskusi, ceramah, demonstrasi
G. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan I :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa
kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran
siswa (presensi) dan motivasi
·
Mempersilakan salah satu
siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi
sebelumnya
·
Menyampaikan
KD dan tujuan pembelajaran
|
15
menit
|
Inti
|
· Mengamati
- Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang
terkait secara individu maupun kelompok.
-
Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32
serta hadis terkait.
-
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
-
Mencermati makna,
asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
· Menanya
-
Menanyakan cara
membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32 serta
hadis terkait.
· Eksperimen/Eksplor
-
Mendiskusikan cara Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32sesuai
dengan kaidah tajwid.
-
Mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid) Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32.
-
Menterjemahkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
· Assosiasi
-
Menganalisis hukum
bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32.
· Komunikasi
-
Mendemonstrasikan
bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
-
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32dengan
fasih dan lancar.
·
Refleksi
-
Menampilkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai
refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 serta Hadits yang terkait
|
110
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan II :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa
kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran
siswa
·
Mempersilakan salah satu
siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi
sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui power point.
|
10 menit
|
Inti
|
· Mengamati
-
Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32
serta hadis terkait.
-
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
-
Mencermati makna,
asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
· Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Mengajukan pertanyaan tentang
makna mufrodat yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits yang
terkait
· Eksperimen/Eksplor
-
Mendiskusikan asbabun
nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32.
-
Mengidentifikasi
makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
-
Mendiskusikan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
· Assosiasi
-
Mengaitkan antara
kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S.
Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Komunikasi
-
Menyajikan hukum
bacaan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32.
-
Menyajikan makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
Menyajikan pesan-pesan,
hikmah dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al- Maidah/5: 3
·
Refleksi
-
Menampilkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai
refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 serta Hadits yang terkait
|
110 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15 menit
|
Pertemuan III :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa
kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran
siswa
·
Mempersilakan salah satu
siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi
sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui power point.
|
10 menit
|
Inti
|
· Mengamati
-
Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32
serta hadis terkait.
-
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
-
Mencermati makna,
asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
· Komunikasi
-
Menampilkan
demonstrasi hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 3
·
Refleksi
-
Menampilkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai
refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 serta Hadits yang terkait
|
110
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
Pertemuan IV :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa
kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran
siswa
·
Mempersilakan salah satu
siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi
sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui power point.
|
10 menit
|
Inti
|
· Mengamati
- Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang
terkait secara individu maupun kelompok.
·
Pendalaman
Materi dan UH KD. 3.2
·
Refleksi
-
Menampilkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, dalam kehidupan sehari-hari sebagai
refleksi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 serta Hadits yang terkait
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil belajar (tes dan nontes)
2. Alat & Rubrik Penilaian ( terlampir)
I. Alat (Bahan)
/ Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan :
Al Qur’an, Video, LCD, Laptop
b. Sumber Belajar :
·
Kitab
Al-Quran dan Al-Hadits Digital
·
Buku
tajwid, Ahmad Rifai, Wicaksana, Semarang, 1990.
·
Kitab
tafsir Al-Qur’an perkata, Mohammad Hatta, Al Maghfirah, Jakarta, 2010.
·
Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI, Erlangga, Jakarta, 2014.
·
Modul
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , MGMP PAI SMK Kabupaten tegal.Pratama
Mitra Aksara, Karanganyar, 2014.
·
E-book, Pendidikan Agama islam dan Budi pekerti SMK
Kelas XI, Kemdikbud, Jakarta, 2016
· Multimedia interaktif dan Internet
Slawi, 3 januari
2017
Mengetahui
Kepala SMK N I Slawi
...............................................
NIP.
19..................................
|
Guru PAI & Budi Pekerti
..........................................
NIP.
19..............................
|
No comments:
Post a Comment