Sharing and learning Together

Name

Email *

Message *

Monday, 6 February 2017

Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK KTSP 2017



KISI-KISI 
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

KURIKULUM 2006




 SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017



KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

Jenis Sekolah                           : SMA/SMK
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kurikulum                               : Kurikulum 2006/KTSP
Alokasi Waktu                        : 120 Menit
Jenis Soal                                : Tes Tertulis
Bentuk Soal                            : PG nomor 1 s.d. 40. Uraian nomor  41 s.d. 45
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017

No
Standar Kompetensi
Bahan/ Kls/Smt
Konten/Materi
Level Kognitif
Idikator Soal
No. Soal
1
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang tugas manusia sebagai khalifah
X/1
Q.S. al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Q.S. al-Haj: 5 tentang tugas manusia
Pemahaman

1
2
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang demokrasi.
X/2
Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. asy-Syura: 38 tentang demokrasi
Penerapan

2
3
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang Kompetisi dalam Kebaikan
XI/1
Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S.. Fatir: 32 tentang kompetisi dalam kebaikan
Penerapan

3
4
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan
XI/2
Q.S..Ar- Rūm : 41-42, Q.S. al-A’rāf: 56-58, dan Q.S. Shād: 27 tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan
Penalaran

4
5
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.

XII/1
Q S. al-Mujādalah: 11 dan Q S. al-Jumu’ah: 9-10 tentang etos kerja.
Penalaran

41
Essay

6
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.

XII/1
Q S. al-Mujādalah: 11 dan Q S. al-Jumu’ah: 9-10 tentang etos kerja.
Penerapan

5
7
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.

XII/1
Q S. al-Mujādalah: 11 dan Q S. al-Jumu’ah: 9-10 tentang etos kerja.
Penerapan
Ditampilkan ilustrasi  tentang etos kerja sesuai kandungan Q.S. al-Mujādalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10, peserta didik dapat mengemukakan perilaku yang mencerminkan etos kerja sesuai dengan ayat di atas.
6*
8
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan Iptek.
XII/2
Q S. Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164 tentang pengembangan Iptek.

Penalaran

7
9
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan Iptek.
XII/2
QS. Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164 tentang pengembangan Iptek.

Penerapan

8
10
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
X/1
Iman terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Penerapan

9*
11
Meningkatkan  keimanan kepada Malaikat Allah Swt.
X/2
Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt.
Penalaran

10
12
Meningkatkan  keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
XI/1
Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Penerapan

11
13
Meningkatkan  keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
XI/1
Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Penalaran

42
Essay
14
Meningkatkan  keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
XI/2
Beriman kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
Penalaran

12
15
Meningkatkan  keimanan kepada hari akhir
XII/1
Beriman kepada Hari Akhir.
Penerapan
Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menemukan contoh perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
13*
16
Meningkatkan  keimanan kepada hari akhir
XII/1
Beriman kepada Hari Akhir.
Penalaran

14
17
Meningkatkan  keimanan kepada qada dan qadar
XII/2
Berimanan kepada Qadha dan Qadar.
Penerapan

15
18
Meningkatkan  keimanan kepada qada dan qadar
XII/2
Berimanan kepada Qadha dan Qadar.
Penalaran

16*
19
Membiasakan perilaku terpuji.
X/1
Perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
Penalaran

17
20
Menghindariperilaku Tercela
X/2
Perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan

18
21
Menghindari perilaku Tercela
X/2
Perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Penalaran

43
Essay
22
Membiasakan perilaku terpuji.
XI/1
Perilaku menghargai karya orang lain
Penerapan

19
23
Menghindari perilaku tercela
XI/2
Larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
Penalaran

20
24
Membiasakan perilakuterpuji.
XII/1
Perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Penerapan

21
25
Membiasakan perilakuterpuji.
XII/1
Perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Penalaran

22*
26
Menghindari perilaku tercela
XII/2
Menghindari perilaku  isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
Penalaran

23
27
Menghindari perilaku tercela
XII/2
Menghindari perilaku  isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
Penerapan

24
28
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
X/1
Keduduk­an dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, Ijtihad sebagai sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
Penalaran
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan  fungsi al-Qur’an, al-Hadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
25*
29
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
X/2
Ketentuan syar’i tentang haji, zakat, dan wakaf.

Penerapan

26
30
Memahami hukum Islam tentang muamalah.
XI/1
Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.

Pemahaman
Disajikan deskripsi bentuk jual beli, peserta didik dapat menentukan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
27*
31
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
XI/2
Pengurusan
jenazah.

Pemahaman

44
Essay
32
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
XI/2
Pengurusan
jenazah.

Penerapan

28*
33
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.
XII/1
Ketentuan pernikahan dalam Islam
Pemahaman

29
34
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.

XII/1
Ketentuan dan sahnya pernikahan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974
Penalaran

30
35
Menjelaskan ketentuan-keten­tuan hukum waris.

XII/2
Ketentuan waris dalam Islam
.
Penerapan
Disajikan ilustrasi tentang contoh pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung bagian masing-masing ahli waris.
31*
36
Menjelaskan ketentuan-keten­tuan hukum waris
XII/2
Ketentuan waris dalam Islam

Penalaran

32
37
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
X/1
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Makkah
Penerapan


33
38
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
X/2
Substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. periode Madinah

Pemahaman

34
39
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
X/2
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah

Penalaran
Disajikan ilustrasi tentang masyarakat Indonesia yang sarat dengan keberagaman (multikultur), peserta didik dapat mengemukakan substansi atau strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah yang dapat diteladani untuk dakwah di Indonesia saat ini.
45*
Essay
40
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)
XI/1
Perkembangan Islam pada masa kejayaan
Penerapan

35
41
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
XI/2
Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
Penalaran

36
42
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
Perkembangan Islam di Indonesia.
Penerapan
Disajikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan kategori strategi dakwah atau perkembangan Islam di Indonesia
37*
43
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
Perkembangan Islam di Indonesia.
Penalaran

38
44
Memahami perkembangan Islam di dunia
XII/2
Perkembangan Islam di dunia.
Pemahaman

39
45
Memahami perkembangan Islam di dunia
XII/2
Perkembangan Islam di dunia.
Penalaran

40





No comments:

Post a Comment