KISI-KISI
UJIAN
SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI)
KURIKULUM 2006
SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
KISI-KISI PENYUSUNAN
SOAL
Jenis Sekolah : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti
Kurikulum : Kurikulum 2006/KTSP
Alokasi Waktu : 120 Menit
Jenis Soal : Tes Tertulis
Bentuk Soal : PG nomor 1 s.d. 40.
Uraian nomor 41 s.d. 45
Tahun Pelajaran : 2016/2017
No
|
Standar
Kompetensi
|
Bahan/
Kls/Smt
|
Konten/Materi
|
Level Kognitif
|
Idikator Soal
|
No. Soal
|
1
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang tugas manusia sebagai khalifah
|
X/1
|
Q.S. al-Baqarah;
30, Q.S.
Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56,
dan Q.S. al-Haj:
5 tentang tugas manusia
|
Pemahaman
|
1
|
|
2
|
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an
tentang demokrasi.
|
X/2
|
Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. asy-Syura:
38 tentang demokrasi
|
Penerapan
|
2
|
|
3
|
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an
tentang Kompetisi dalam Kebaikan
|
XI/1
|
Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S.. Fatir:
32 tentang kompetisi dalam kebaikan
|
Penerapan
|
3
|
|
4
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an
tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan
|
XI/2
|
Q.S..Ar- Rūm : 41-42, Q.S. al-A’rāf:
56-58, dan Q.S. Shād: 27 tentang perintah menjaga kelestarian
lingkungan
|
Penalaran
|
4
|
|
5
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.
|
XII/1
|
Q S. al-Mujādalah: 11 dan Q
S. al-Jumu’ah: 9-10 tentang etos kerja.
|
Penalaran
|
41
Essay
|
|
6
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.
|
XII/1
|
Q S. al-Mujādalah: 11 dan Q
S. al-Jumu’ah: 9-10 tentang etos kerja.
|
Penerapan
|
5
|
|
7
|
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang etos
kerja.
|
XII/1
|
Q S.
al-Mujādalah: 11 dan Q S.
al-Jumu’ah: 9-10 tentang
etos kerja.
|
Penerapan
|
Ditampilkan ilustrasi
tentang etos kerja sesuai kandungan Q.S. al-Mujādalah: 11 dan Q.S.
al-Jumu’ah: 9-10, peserta didik dapat mengemukakan perilaku yang
mencerminkan etos kerja sesuai dengan ayat di atas.
|
6*
|
8
|
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang
pengembangan Iptek.
|
XII/2
|
Q S. Yunus: 101 dan QS
Al-Baqarah: 164 tentang pengembangan Iptek.
|
Penalaran
|
7
|
|
9
|
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang
pengembangan Iptek.
|
XII/2
|
QS. Yunus: 101 dan QS
Al-Baqarah: 164 tentang pengembangan Iptek.
|
Penerapan
|
8
|
|
10
|
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
|
X/1
|
Iman terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
|
Penerapan
|
9*
|
|
11
|
Meningkatkan keimanan
kepada Malaikat Allah Swt.
|
X/2
|
Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt.
|
Penalaran
|
10
|
|
12
|
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
XI/1
|
Beriman
kepada Kitab-kitab Allah Swt.
|
Penerapan
|
11
|
|
13
|
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
XI/1
|
Beriman
kepada Kitab-kitab Allah Swt.
|
Penalaran
|
42
Essay
|
|
14
|
Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
XI/2
|
Beriman kepada Rasul-Rasul
Allah Swt.
|
Penalaran
|
12
|
|
15
|
Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir
|
XII/1
|
Beriman kepada Hari Akhir.
|
Penerapan
|
Disajikan ilustrasi peristiwa
hari akhir, peserta didik dapat menemukan contoh perilaku beriman kepada hari
akhir dalam kehidupan sehari-hari
|
13*
|
16
|
Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir
|
XII/1
|
Beriman kepada Hari Akhir.
|
Penalaran
|
14
|
|
17
|
Meningkatkan
keimanan kepada qada dan qadar
|
XII/2
|
Berimanan kepada Qadha dan Qadar.
|
Penerapan
|
15
|
|
18
|
Meningkatkan
keimanan kepada qada dan qadar
|
XII/2
|
Berimanan kepada Qadha dan Qadar.
|
Penalaran
|
16*
|
|
19
|
Membiasakan perilaku terpuji.
|
X/1
|
Perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Penalaran
|
17
|
|
20
|
Menghindariperilaku Tercela
|
X/2
|
Perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Penerapan
|
18
|
|
21
|
Menghindari
perilaku Tercela
|
X/2
|
Perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Penalaran
|
43
Essay
|
|
22
|
Membiasakan
perilaku terpuji.
|
XI/1
|
Perilaku menghargai karya orang lain
|
Penerapan
|
19
|
|
23
|
Menghindari perilaku tercela
|
XI/2
|
Larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
Penalaran
|
20
|
|
24
|
Membiasakan perilakuterpuji.
|
XII/1
|
Perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Penerapan
|
21
|
|
25
|
Membiasakan perilakuterpuji.
|
XII/1
|
Perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Penalaran
|
22*
|
|
26
|
Menghindari perilaku tercela
|
XII/2
|
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
|
Penalaran
|
23
|
|
27
|
Menghindari perilaku tercela
|
XII/2
|
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah.
|
Penerapan
|
24
|
|
28
|
Memahami
sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
X/1
|
Kedudukan
dan fungsi al-Qur’an,
al-Hadits,
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi permasalahan fiqh
yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, atau Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
25*
|
29
|
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
|
X/2
|
Ketentuan syar’i tentang haji, zakat, dan wakaf.
|
Penerapan
|
26
|
|
30
|
Memahami
hukum Islam tentang muamalah.
|
XI/1
|
Asas-asas
transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Pemahaman
|
Disajikan deskripsi bentuk jual beli,
peserta didik dapat menentukan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
27*
|
31
|
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
XI/2
|
Pengurusan
jenazah.
|
Pemahaman
|
44
Essay
|
|
32
|
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
XI/2
|
Pengurusan
jenazah.
|
Penerapan
|
28*
|
|
33
|
Memahami
hukum Islam tentang hukum keluarga.
|
XII/1
|
Ketentuan pernikahan dalam Islam
|
Pemahaman
|
29
|
|
34
|
Memahami
hukum Islam tentang hukum keluarga.
|
XII/1
|
Ketentuan
dan sahnya pernikahan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974
|
Penalaran
|
30
|
|
35
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
XII/2
|
Ketentuan waris dalam Islam
.
|
Penerapan
|
Disajikan ilustrasi tentang contoh
pembagian warisan, peserta didik dapat menghitung bagian masing-masing ahli
waris.
|
31*
|
36
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris
|
XII/2
|
Ketentuan waris dalam Islam
|
Penalaran
|
32
|
|
37
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Makkah.
|
X/1
|
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah
Saw. periode Makkah
|
Penerapan
|
33
|
|
38
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Madinah
|
X/2
|
Substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. periode Madinah
|
Pemahaman
|
34
|
|
39
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Madinah
|
X/2
|
Substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah
|
Penalaran
|
Disajikan
ilustrasi tentang masyarakat Indonesia yang sarat dengan keberagaman
(multikultur), peserta didik dapat mengemukakan substansi atau strategi dakwah Rasulullah
saw. di Madinah yang dapat
diteladani untuk dakwah di Indonesia saat ini.
|
45*
Essay
|
40
|
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250
– 1800)
|
XI/1
|
Perkembangan
Islam pada masa kejayaan
|
Penerapan
|
35
|
|
41
|
Memahami perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang)
|
XI/2
|
Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
Penalaran
|
36
|
|
42
|
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
XII/1
|
Perkembangan Islam di Indonesia.
|
Penerapan
|
Disajikan sejarah
perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan kategori
strategi dakwah atau perkembangan Islam
di Indonesia
|
37*
|
43
|
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
XII/1
|
Perkembangan Islam di Indonesia.
|
Penalaran
|
38
|
|
44
|
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
XII/2
|
Perkembangan Islam di dunia.
|
Pemahaman
|
39
|
|
45
|
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
XII/2
|
Perkembangan Islam di dunia.
|
Penalaran
|
40
|
No comments:
Post a Comment